Fatayat NU

FATAYAT Nahdatul Ulama adalah sebuah organisasi pemudi ( wanita muda ) Islam merupakan salah satu lembaga otonom di lingkingan Nahdatul Ulama. Didirikan di Surabaya, 24 April 1950 M, bertepatan dengan 7 Rajab 1317 H.

Tujuan Fatayat NU

1. Terbentuknya pemudi atau wanita muda islam yang bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlahul karimah, bermoral,cakap bertanggungjawab, berguna bagim agama, nusa dan bangsa.

2. Terwujudnya masyarakt yng berkeadilan gender.

3. Terwujudnya rasa kesetiaan terhadap asas, aqidah dan tujuan NU dalam menegakkan syariat islam.

Visi, Misi, dan Isu Strategis

Visi

Pengapusan segala bentuk kekerasan, ketidakadilan dan kemiskinan dalam masyarakat dengan mengembangkan wacana kehidupan sosial yang konstruktif,demokratis dan berkeadilan jender.

Misi

Membangun kesadaran kritis perempuan untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan jender. Penguatan SDM Human Resource Development Pemberdayaan Masyarakat.

Isu strategis

1. Sistem Kaderisasi

2. Sistem manajement organisasi

3. Penguatan hak-hak perempuan dan penguatan ekonomi

4. Sumber dana tetap

Dasar Perjuangan
“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung”
( Q. S3:104 )

Program dan Sasaran Program

1. Masyarakat Umum

2. Perempuan

3. Usia 20 s/d 40 tahun

Struktur Organisasi Pucuk pimpinan Kepemimpinan tingkat Nasional Pimpinan Wilayah Kepemimpinan tingkat provinsi (27) Pimpinan Cabang Kepemimpinan tingkat kab/kota (308) Pimpinan Cabang Kepemimpinan tingkat kecematan(923) Pimpinan Ranting Kepemimpinan tingkat desa(14.118) .

SUSUNAN PENGURUS HARIAN PUCUK PIMPINAN FATAYAT NU MASA KHIDMAD 2005-2009 Pelindung :Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Penasehat : Pucuk Pimpinan Muslimat NU Pembina : Dra. Hj. Ermalena MHs Prof. DR. Hj. Musda Mulia DR. Hj. Sri Mulyati Ketua Umum : Dra. Hj. Maria Ulfah, M. Hum. Ketua I : Dra. Hj. Siti Marhamah, M. Ag. Ketua II : drg. Hj. Ulfah Mashfufah. Ketua III : Dra. Hj. Imas Masithoh M. Noor, SH. Ketua IV : Hj. Siti Haiyinah, SE. Ketua V : Dra. Yanah Latifah. Ketua VI : Dra. Neng Dara Affifah, M. Hum. Sekertaris Umum : Dra. Hj. Umi Khusnul Khotimah, M. Ag. Sekertaris I : Dra. Siti Masrifah, MA. Sekertaris II : Hj. Rustini Murtadho, S. Ag Sekertaris III : Dra. Muzaenah Zein. Bendahara Umum : Dra. Hj. Nur Hasanah Bendahara I : Dra. Hj. Ummu Fatma Bendahara II : Iklilah Muzayanah dini Fajriya, SHI * Redaksi Website http://www.fatayat.or.id: Ketua : Ummi Azizah Rachmawati, MKom Anggota o Ahmad Kosasih o Hafied Nur Siddiqi

Dengan adanya Fatayat NU ini sebagai organisasi putri mempunyai peranan penting dan memperoleh posisi baik di hati masyarakat bila di banding dengan organisasi-organisasi wanita lainnya, hal ini tidak lain karena mayoritas masyarakat Indonesia pemeluk agama Islam dan di dukung dengan adanya warga nahdliyin yang mencapai posisi salah satu organisasi Islam di Indonesia yang mempunyai pendukung yang mayoritas. Organisasi putri ini bergerak di bidang agama, sosial dan pendidikan atau pengkaderan, kegiatan ini mendapat dukungan dan partisipasi dari pemerintah, organisasi lain maupun dari masyarakat sendiri.

Latar belakang berdirinya organisasi Fatayat NU cabang merupakan jawaban atas tantangan yang dihadapi masa yang akan datang terutama penyiapan kader-kader pemudinya yang akan menjadi generasi penerus keberadaan NU. Organisasi putri ini juga mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat terbukti dengan banyaknya perkembangan organisasi-organisasi pemuda membentuk Fatayat anak cabang tingkat kecamatan dan ranting tingkat pedesaan. [fatayat.or.id]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: