Kebahasaan guru MTs

BAB I

PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

Ada dua kemampuan yang dikembangkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kedua kemampuan itu adalah kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra. Penguasaan kedua kemampuan dikembangkan melalui empat keterampilan berbahasa yakni keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam proses pembelajarannya akan terlihat bentuk-bentuk kegiatan mendengarkan bahasa dan sastra, berbicara bahasa dan sastra, membaca bahasa dan sastra, serta menulis bahasa dan sastra.

Kegiatan berbahasa (mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis) adalah kegiatan berkomunikasi. Kegiatan dalam pembelajaran bahasa berarti kegiatan berkomunikasi. Komunikasi tersebut tentu menggunakan bahasa sebagai mediumnya. Agar komunikasi lancar perlu menggunakan bahasa yang baik dan benar. Bahasa yang baik dan benar yaitu bahasa yang sesuai dengan aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam bahasa itu. Bahasa Indonesia memiliki kaidah-kaidah dan aturan-aturan yang hanya berlaku di dalam bahasaIndonesia. Oleh karena itu diperlukan penguasaan terhadap aspek-aspek ketatabahasaan oleh pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran bahasaIndonesia.

Penguasaan ketatabahasaan oleh pendidik, di samping untuk dirinya juga digunakan untuk membelajarkan peserta didiknya. Penguasaan ketatabahasaan oleh peserta didik dimaksudkan untuk menupang kemampuannya berbahasa. Berbahasa dengan baik dan benar hanya dimungkinkan jika kaidah-kaidah, tatabahasa, dan ketentuan-ketentuan yang berlaku di dalam bahasa itu diterapkan secara tepat.

Untuk mencapai penguasaan kaidah bahasa tersebut, salah satu dapat diperoleh melalui pembelajaran mandiri. Buku-buku yang menyajikan materi kebahasaan dapat diperoleh dengan mudah di toko buku, di perpustakaan, dan sebagainya. Penguasaan kaidah bahasa oleh peserta didik (siswa) dilakukan melalui pembelajaran di bawah bimbingan pendidik. Dalam proses pembelajaran kaidah bahasa itu dilakukan secara terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran keterampilan berbahasa (mendengarkan, bebricara, membaca, dand menulis). Artinya, kaidah bahasa atau ketatabahasaan tidak diperlajari secara terpisah atau terpilah, ia menyatu dengan pembelajaran keterampilan berbahasa.

Setiap pembelajaran keterampilan berbahasa seyogianya dipayungi oleh kaidah bahasa. Misalnya, ketika pembelajaran ketrampilan mendengarkan berlangsung, di situ ada kaidah atau ketatabahasaan untuk mendukung keterampilan mendengarkan tersebut. Begitu juga, ketika  pembelajaran berbicara, membaca, dan menulis, hal itu juga dilakukan. Dengan demikian, kaidah bahasa atau ketatabahasaan digunakan untuk membentuk keMTsmpuan berbahasaIndonesiadengan baik dan benar.

Sesuai dengan uraian ini, maka modul suplemen ini membahas hal-hal yang berhubungan dengan kebahasaan, kaidah bahasa, dan ketatabahasaan. Pembahasannya dalam modul meliputi hakikat bahasa, fungsi bahasa, ragam bahasa, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan kosakata. Pembahasan dilakukan secara terbatas pada sisi-sisi yang esensial belaka. Oleh karena itu pembaca modul ini masih memerlukan sumber lain sebagai bahan tambahan.

B.      Tujuan

Setelah mempelajari modul ini, peserta pelatihan diharapkan dapat memahami konsep dan proses pembelajaran kebahasaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yang dapat diuraikan dalam bentuk perilaku sebagai berikut.

  1. Menjelaskan, memahami, membedakan dan mencontohkan materi kebahasaan.
  2. Memilih bahan modul kebahasaan yang bervariasi sesuai dengan materi pembelajaran kebahasaan.
  3. Menyusun dan menerapkan model pembelajaran kebahasaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang terintegrasi ke dalam empat keterampilan berbahasa di antaranya: keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.

C.   Alokasi Waktu

Alokasi  waktu yang digunakan untuk  mempelajari modul ini  dalam pelatihan adalah  15 jam pelajaran  (@ 50 menit).

D.   Sasaran

Modul ini ditujukan untuk guru-guru bahasa Indonesia MTs (Madrasah Tsanawiyah), peserta pelatihan di Kementerian Agama

Selengkapnya bisa anda download disini

Terima kasih telah mengunduh modul kebahasaan Guru di Madrasah Tsanawiyah, semoga bermanfaat bagi kemajuan Bapak/Ibu Guru dan pendidikan di Indonesia.

” Tuliskan saran/kritik/komentar anda untuk perbaikan blog ini”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: