Pembelajaran Ketrampilan Berbicara

KETERAMPILAN BERBICARA

  1. PENDAHULUAN

Selamat bergabung bersama kami dalam pelatihan peningkatan kompetensi keterampilan bagi guru bahasa Indonesia MTS.  Pelatihan dimaksudkan untuk mengembangkan kompetensi Anda sebagai guru bahasa Indonesia yang mencakupi: penguasaan materi keterampilan berbicara, materi pembelajaran, dan kemampuan mengevaluasi.

      Menurut  Anda, apakah “keterampilan berbicara” perlu diajarkan? Bukankah Anda dan peserta didik Anda sudah terbiasa menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi?

Keterampilan berbahasa (berbicara) siswa dalam komunikasi sehari-hari misalnya, berbincang-bincang dengan teman di luar sekolah atau di luar kegiatan formal merupakan salah satu sisi dari kemampuan berbahasa Indonesia. Seorang yang mahir berkomunikasi dengan temannya belum tentu terampil menggunakan bahasa Indonesia dalam berpidato pada suatu upacara, memberi petunjuk, bercerita (secara formal), berwawancara, dan sebagainya.

        Oleh karena itu, seorang guru dalam mengajarkan keterampilan berbicara diharapkan dapat memberikan dorongan kepada siswa melalui perencanaan dan pelaksananaan pembelajaran bahasa dengan baik.    

 Pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya  berbicara di  SMP merupakan kelanjutan pembelajaran “berbicara” di SD. Bila pembelajaran di  SMP baru merupakan  dasar dan masih mengenai hal-hal yang sederhana, pembelajaran di SMA sudah merupakan pengembangan dari pembelajaran yang diberikan di tingkat sekolah lanjutan tingkat  pertama.

Dalam kegiatan pembelajaran, berbicara, mendengarkan, membaca, menulis, kebahasaan dilakukan secara terpadu. Berbicara merupakan kegiatan yang praktis dan taktis karena kapan saja, siapa saja, dan di mana saja orang berbicara untuk berkomunikasi. Bahkan terhadap bayi  yang belum mampu berbahasa pun orang menyapa dengan berbicara.

  1. Tujuan

Sesuai dengan  standar kompetensi  yang  dimiliki  dan dikembangkan oleh  guru bahasa Indonesia di SMP, bahan ajar  ini bertujuan  memberikan  kemampuan  kepada Anda  tentang pemahaman konsep berbicara dan konsep pembelajaran berbicara.

Secara rinci, tujuan yang ingin dicapai  berdasarkan kompetensi yang ada dalam modul ini antara lain,  sebagai berkut.

1.  Anda diharapkan  menguasai konsep berbicara yang berkaitan  dengan hakikat berbicara, jenis berbicara, dan teknik berbicara.

 2. Anda diharapkan  terampil dalam pembelajaran keterampilan berbicara di  SMP yang mencakupi kemampuan memilih materi, menentukan metode, media, dan melaksanakan evaluasi.

  C. Ruang Lingkup

    Ruang lingkup pembahasan pada bahan ajar  ini mencakupi hal-hal sebagi berikut :  Bahan ajar ini  diawali dengan informasi mengenai latar belakang pembelajaran bahasa Indonesia khususnya “berbicara”, dan tujuan. dilanjutkan  dengan pembahasan mengenai  materi  berbicara yang terdiri atas: konsep berbicara, peranan  berbicara, faktor-faktor penentu kegiatan berbicara, tujuan berbicara, jenis berbicara.  Bagian berikutnya adalah  pembelajaran berbicara yang mencakupi :  pemilihan materi, metode, dan penilaian. Bagian yang terakhir  adalah rangkuman. Untuk   melengkapi  bahan ajar ini, disajikan bahan evaluasi.

D.  Manfaat

        Bahan ajar ini diharapkan bermanfaat bagi pengembangan teori keterampilan berbicara dan pembelajarannya. Dengan mempelajari bahan ajar ini Anda diharapkan memperoleh (a) pemahaman tentang teori, keterampilan berbicara, (b) dan pengembangan keterampilan pembelajaran berbicara di MTS.

E. Strategi

         Setelah Anda memahami tujuan dan manfaat mempelajari bahan ajar ini,bacalah seluruh ini bahan ajar ini dan  diskusikanlah bersama sahabat Anda hal-hal yang menarik perhatian.  Selesai Anda membaca, jawablah pertanyaan yang terdapat pada pelatihan bahan ajar ini.

F. Hasil yang Diharapkantelah Anda menyelesaikan pelatihan ini, Anda diharapkan 

 1. menguasai teori berbicara;

2. terampil berbicara dengan baik dan benar, khusus  keterampilan yang akan   Anda ajarkan di MTS;

3. terampil dalam membelajarkan keterampilan berbicara yang mencakupi: pemilihan media, penggunaan metode, dan pelaksanaan penilaian

Selengkapnya bisa anda download disini

Terima kasih telah mengunduh modul kebahasaan Guru di Madrasah Tsanawiyah, semoga bermanfaat bagi kemajuan Bapak/Ibu Guru dan pendidikan di Indonesia.

” Tuliskan saran/kritik/komentar anda untuk perbaikan blog ini”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: