Ketrampilan dan Pembelajaran Menulis

I. PENDAHULUAN

     A.     Latar Belakang

Saudara, apakah yang  Anda bayangkan ketika mendengar kata menulis? Salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh seseorang sebagai orang profisional karena menulis berkaitan erat dengan keterpelajaran  seseorang. Mereka dituntut terampil menulis. Terampil menulis  tidak diperoleh  secara serta-merta. Seseorang yang ingin terampil menulis haruslah berlatih secara terus menerus dengan sistematis, misalnya berlatih dari yang mudah ke yang sukar, secara produktif, disiplin,  terpimpin, dan terkontrol. Makin banyak seseorang menulis, makin tinggi keterampilan dalam menulis

       Dewasa ini, keterampilan menulis para siswa MTs masih sangat memprihatikan. Tulisan/karangan mereka banyak yang kurang sesuai dengan aturan penulisan.  Baik dari segi ejaan, tata tulis, maupun tata kalimat. Oleh sebab itu, pembelajaran menulis, di sekolah (khususnya MTs) perlu mendapat perhatian.

Berdasarkan hal tersebut di atas, Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, secara lisan maupun tulisan, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan.

 Standar kopetensi pelajaran bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan keterampilan berbahasa dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. 

Dengan diberlakukannya standar kompetensi dan kompetensi dasar diharapkan; (1) peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri, (2) guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar, (3) guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan modul kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya, (4) orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan daan kesastraan di sekolah, (5) sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia, (6) daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.

    Berdasarkan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang sudah dicantumkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar tersebut sekolah sebaiknya menyusun KTSP yang merupakan kirukulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan dimasingg-masing satuan pendidikan.

 B. Tujuan

     Tujuan  penulisan modul ini  adalah sebagai berikut.

  1. 1.    memantapan pemahaman guru tentang  pengertian menulis, karakteristik menulis, jenis-jenis tulisan, teknik-teknik menulis, langkah-langkah menulis, dan kendala-kendala kendala di dalam menulis;
  2. 2.    meningkatkan kecakapan guru di dalam pengajaran menulis.

C. Ruang  Lingkup

Bersarkan tujuan di atas, ruang lingkup pembahasan modul ini mencakup materi-materi berikut: (1) pengertian menulis, (2) karakteristik menulis, (3) jenis-jenis tulisan, (4) teknik-teknik menulis, (5) langkah-langkah menulis, dan (6) kendala-kendala kendala di dalam menulis. Materi-materi tersebut dikaitkan dengan kepentingan guru di dalam pengajaran menulis di MTS

Selengkapnya bisa anda download disini

Terima kasih telah mengunduh  semoga bermanfaat bagi kemajuan Bapak/Ibu Guru dan pendidikan di Indonesia.

” Tuliskan saran/kritik/komentar anda untuk perbaikan blog ini”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: