Ketrampilan Mendengarkan

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Selamat bergabung dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Dalam bahasa Indonesia kita mengenal empat keterampilan berbahasa yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Pada pertemuan ini kita akan membahas keterampilan mendengarkan. Melalui modul ini Anda diharapkan  dapat memahami konsep,fungsi, ruang ligkup dan strategi peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia lisan. Modul ini bukan hanya membawa Anda ke tujuan pembelajaran, tapi juga mengetahui komponen-komponen yang terlibat dan yang dapat meningkatkan serta mengembangkan keterampilan Anda dalam berbahasa lisan.

Dalam berkumunikasi kita mengenal bahasa sebagai alatnya. . Pada saat menggunakannya dapat dilakukan melalui reseptif  yaitu melalui mendengarkan dan membaca dan produktif melalui berbicara dan menulis. Pemeroleh keterampilan mendengarkan dan berbicara  adalah melalui keluarga dan masyarakat atau non formal. Sedangkan keterampilan membaca dan menulis pemerolehannya di sekolah atau pendidikan formal.

Keterampilan mendengarkan  salah satu alat komunikasi yang sangat penting  dimiliki setiap orang terutama dalam menjalankan kontak sosial dengan orang lain. Kepandaian mendengarkan tidak terbatas hanya dalam pengertian pandai atau terampil saja, melainkan kepandaian itu harus dikaitkan dengan  sopan santun dan sesuai  dengan tatacara atau tatanilai yang kita anut sebagai bangsa yang memiliki moral agama dan moral kebangsaan.

Dalam kehidupan sebagian aktivitas  mendengarkan dan berbicara rutin dilaksanakan yang membuat kita merasa suatu kebiasaan yang lumrah tidak memiliki peraturan. Padahal baik buruknya hubungan sosial sangat tergantung saat kita menjalankan aktivitas salah satunya adalah mendengarkan.

Dalam kehidupan, banyak kita temui orang yang arif dan bijaksana.  Orang tersebut dapat dipastikan adalah orang yang memiliki kesopanan berbicara dan mendengarkan. Oleh karena itu keterampilan tersebut harus dibina dari usia dini sampai ke jenjang pendidikan formal..

Dalam pendidikan formal keterampilan mendengarkan sudah dilatihkan mulai dari jenjang TK sampai pendidikan tinggi. Saat  melatihkannya keterampilan itu dimulai dari hal yang paling mudah sampai yang sukar. Hal ini dianggap penting karena dengan kemampuan mendengarkan yang baik maka kemampuan dalam menulis dan berbicara diharapkan akan baik. Meningkatnya kepentingan dan kegunaan mendengarkan ini dibuktikan  adanya pengakuan yang sama dengan ketiga keterampilan lainnya dalam Kurikulum Bahasa Indonesia. Keterampilan mendengarkan ini dapat dilihat pada  kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra.

B. Tujuan

               Adapun tujuan dari penulisan modul ini adalah  agar  guru memiliki  dan mampu mengembangkan:

  1. Memahami konsep atau pengetahuan keterampilan mendengarkan .
  2. Memperoleh wawasan baru tentang konsep pembelajaran mendengarkan dari berbagai bahan atau materi.
  3. Memahami  proses pembelajaran mendengarkan.

C. Ruang Lingkup

Ruang lingkup dalam modul ini meliputi:

  1. Konsep mendengarkan
  2. Tahap-tahap mendengarkan
  3. Jenis mendengarkan
  4. Tujuan mendengarkan
  5. Syarat-syarat pendengar yang baik
  6. Faktor yang mempengaruhi dalam mendengarkan.
  7. Cara meningkatkan daya mendengarkan.
  8. Perilaku yang buruk dan baik dalam mendengarkan.
  9. Alasan untuk mendengarkan

10. Model pembelajaran mendengarkan.

Selengkapnya bisa anda download disini

Terima kasih telah mengunduh modul Ketrampilan Mendengarkan di Madrasah Tsanawiyah, semoga bermanfaat bagi kemajuan Bapak/Ibu Guru dan pendidikan di Indonesia.

” Tuliskan saran/kritik/komentar anda untuk perbaikan blog ini”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: