Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia

BAB I

PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang

Selamat melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan bagi Guru Bahasa Indonesia. Diklat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesioanal. Modul ini berisi materi Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya membahas tentang pembelajaran kontekstual/ Contextual Teaching and Learning (CTL).

Perlu Bapak, Ibu guru ketahui, bahwa sejauh ini pendidikan kita masih didomonasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihapal. Kelas masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan, kemudian ceramah menjadi pilihan utama strategi belajar. Untuk itu, diperlukan sebuah strategi belajar ‘baru’ yang lebih memberdayakan siswa. Sebuah strategi belajar yang tidak mengharuskan siswa menghapal fakta-fakta, tetapi sebuah strategi yang mendorong siswa mengkonstruksikan pengetahuan di benak mereka sendiri.

            Ada kecenderungan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak ‘mengalami’ apa yang dipelajarinya, bukan ‘mengetahuinya’. Pembelajaran yang berorientasi target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi ‘mengingat’ jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangka panjang. Hal itulah yang terjadi di kelas-kelas sekolah kita!

            Tugas guru mengelola kelas sebagai sebuah tim yang bekerja bersama untuk menemukan sesuatu yang baru bagi anggota kelas (siswa). Sesuatu yang baru (pengetahuan dan keterampilan) datang dari ‘menemukan sendiri’, bukan dari ‘apa kata guru’. Begitulah peran guru di kelas yang dikelola dengan pendekatan kontekstual.

            Kontekstual hanya sebuah strategi pembelajaran. Seperti halnya strategi pembelajaran yang lain, kontekstual dikembangkan dengan tujuan agar pembelajaran berjalan lebih produktif dan bermakna. Pendekatan kontekstual dapat dijalankan tanpa harus mengubah kurikulum dan tatanan yang ada.

            Pembelajaran kontekstual/CTL adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran efektif, yakni: konstruktivisme (Constructivism), bertanya (Questioning), menemukan (Inquiry), masyarakat belajar (Learning Community), pemodelan (Modeling), dan penilaian sebenarnya (Authentic Assessment), refleksi (reflection).

            Sebuah kelas dikatakan menggunakan CTL jika menerapkan ketujuh komponen tersebut dalam pembelajarannya. CTL dapat diterapkan dalam kurikulum apa saja, bidang studi apa saja, dan kelas yang bagaimanapun keadaannya.

B.           Tujuan

Modul ini membahas tentang  Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah, materi yang dibahas lebih terfokus pada pembelajaran kontekstual/CTL. Setelah mempelajari materi ini diharapkan peserta diklat  mampu menjelaskan dan menerapkan:

  1. Pengertian strategi, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
  2. Pendekatan Contextual Teaching Learning/kontekstual.
  3. Jenis-Jenis Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia.
  4. Jenis-Jenis Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia.

C.      Ruang Lingkup

Agar dapat tercapai tujuan tersebut di atas, dalam modul ini akan disajikan pembahasan mengenai:

  1. Pengertian pendekatan, metode, teknik, dan strategi.
  2. Pengertian pendekatan Contextual Teaching Learning/kontekstual.
  3. Karakteristik dalam proses pembelajaran CTL.
  4. Langkah-langkah praktis menggunakan strategi pembelajaran berdasarkan CTL.
  5. Jenis-Jenis Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Jenis-Jenis Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia

Selengkapnya bisa anda download disini

Metodologi Pembelajaran bahasa Indonesia

Terima kasih telah mengunduh  semoga bermanfaat bagi kemajuan Bapak/Ibu Guru dan pendidikan di Indonesia.

” Tuliskan saran/kritik/komentar anda untuk perbaikan blog ini”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: