Modul Tentang Sampah

SAMPAH DI SEKITAR KITA

Stop Global Warming, Save Our Earth, atau banyak lagi ungkapan lainnya bertujuan untuk memicu kepedulian masyarakat terhadap kondisi lingkungan hidup yang makin memprihatinkan. Ungkapan-ungkapan itu bagus, namun ternyata tidak cukup dengan hanya ungkapan. Masih banyak  upaya yang dapat dilakukan secara nyata untuk menyelamatkan nasib bumi. Kita dapat melakukannya dengan aksi-aksi sederhana diantaranya upaya untuk mengelola sampah dengan baik, seperti: pemilihan dan pemilahan sampah, pemanfaatan sampah yang dapat didaur ulang, dan mengurangi pemakaian kebutuhan yang berpotensi menambah kuantitas maupun kualitas sampah yang tidak dapat didaur ulang.  Masalah sampah merupakan masalah yang tidak pernah selesai. Selama manuia ada, maka di situ pasti ada sampah. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memerangi sampah ini.

Setiap hari manusia menghasilkan sampah yang jenisnya tergantung dari aktivitasnya. Sampah selalu ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Berbagai masalah timbul akibat sampah di lingkungan kita. Mulai dari sampah yang dibuang sembarangan, sampai bencana di tempat pembuangan akhir sampah yang merenggut nyawa manusia. Setiap orang perlu ikut berperan dalam menangani sampah. Jika dilakukan bersama oleh semua orang dan segenap lapisan masyarakat, upaya menangani sampah dapat memberi manfaat yang besar bagi kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Tumpukan sampah bukan hanya mengganggu kesehatan, namun juga mengancam nyawa manusia! Seperti yang terjadi di Bandung tahun 2005 lalu – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah, Bandung – yang menyebabkan meninggalnya lebih dari 140 nyawa tertimbun longsor sampah sejumlah jutaan meter kubik dalam semalam. Tahun 2006 yang lalu kejadian serupa pun terjadi di TPA Bantargebang, Bekasi yang menewaskan sejumlah pemulung. Kejadian menyedihkan ini tentunya dapat dicegah jika sampah dapat kita kurangi dan diolah semaksimal mungkin mulai dari sumbernya, yang salah satunya adalah lingkungan rumah tangga kita sendiri. Masalah sampah adalah masalah yang sulit dan harus segera dipecahkan, karena dikhawatirkan akan menjadi persoalan lingkungan yang serius, juga dapat memicu permasalahan yang mengganggu stabilitas baik dibidang ekonomi, tenaga kerja, keamanan, kesehatan dan keindahan tata ruangkota.

1. TUJUAN PENYUSUNAN MODUL

Modul ini disusun untuk memenuhi salah satu tanggung jawab kita dalam upaya memerangi sampah. Paling tidak kita dapat melakukan sesuatu yang bermanfaat dengan cara memberikan beberapa solusi alternatif penanggulangan sampah di negeri ini. Khususnya bagi para pendidik dan tenaga kependidikan lainnya diharapkan dapat memberikan jawaban kepada anak didik kita bahwa mulai saat ini kita harus concern terhadap permasalahan sampah ini. Pada modul ini secara khusus dibahas mengenai pengenalan jenis-jenis sampah, pentingnya pengelolaan dan pengolahan sampah, beberapa contoh pengelolaan sampah, dan upaya-upaya yang perlu dilakukan dalam menangani permasalahan sampah. 

Selengkapnya bisa anda download disini

Terima kasih telah mengunduh modul Ketrampilan Mendengarkan di Madrasah Tsanawiyah, semoga bermanfaat bagi kemajuan Bapak/Ibu Guru dan pendidikan di Indonesia.

” Tuliskan saran/kritik/komentar anda untuk perbaikan blog ini”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: