Pembelajaran Membaca

PEMBELAJARAN  MEMBACA 

I.     Pendahuluan

A.       Latar Belakang

 Berhasilnya suatu kegiatan  pendidikan sangat tergantung pada pengetahuan, sikap, nilai, keterampilan dan komitmen para pelaksana utamanya  yaitu guru-guru. Bahan ajar pembelajaran keterampilan membaca tingkat lanjut ini disiapkan sebagai lanjutan dari bahan ajar keterampilan membaca tingkat dasar yang  digunakan oleh para instruktur di dalam melatih para peserta diklat tingkat lanjut. Bahan dan materi dapat disesuaikan bila dianggap kurang tepat atau bertentangan dengan norma, praktik budaya daerah yang melaksanakan.

            Bahan ajar ini disajikan dalam beberapa bagian antara lain : teori membaca, faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran membaca dan macam-macam pembelajaran membaca yang dapat digunakan oleh para peserta diklat.

            Model pembelajaran yang terdapat dalam bahan ajar ini hanya sebagian dari model pembelajaran membaca yang ada. Untuk itu para peserta dituntut untuk menyesuaikan dengan model yang ada, memodifikasikan model, mencari model pembelajaran yang lain sesuai dengan kurikulum yang berlaku, kebutuhan siswa, dan sarana /prasarana yang ada di sekolah.

B.       Tujuan 

            Pada akhir kegiatan para peserta diharapkan dapat merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, memantau, dan menilai kegiatan pembelajaran  membaca serta mempersiapkan bahan /materi dan peralatan yang diperlukan dalam proses pembelajaran keterampilan membaca dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran yang dinamis serta penilaian pembelajaran membaca dan tindak lanjutnya.

C.       Ruang Lingkup

Bahan ajar ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama menyajikan Hakekat membaca dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses membaca serta jenis-jenis atau model pembelajaran keterampilan membaca yang disesuaikan dengan kompetensi standar dan kompetensi Dasar minimal yang harus dicapai oleh satuan pendidikan SMP/MTs. Bagian pertama bahan ajar ini mengulas kembali sedikit tentang apa yang sudah ditulis (bahan ajar tingkat dasar), khususnya tentang hakikat pembelajaran keterampilan membaca dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses keterampilan membaca.  

Bagian dua menyajikan model pengembangan pembelajaran keterampilan membaca yang dilengkapi dengan media dan alat evaluasinya sesuai kurikulum yang sedang berlaku.

Selengkapnya bisa anda download disini

Terima kasih telah mengunduh modul Pembelajaran Membaca di Madrasah Tsanawiyah, semoga bermanfaat bagi kemajuan Bapak/Ibu Guru dan pendidikan di Indonesia.

” Tuliskan saran/kritik/komentar anda untuk perbaikan blog ini”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: