Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia

BAB I

PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang

Kegiatan pembelajaraan, termasuk pembelajaran bahasa merupakan usaha yang persiapan dan pelaksanaannya meliputi berbagai bagian dan tahapan. Kegiatan pembelajaran tidak semata-mata terbatas pada interaksi belajar mengajar antara siswa dan guru di ruang kelas, meskipun kegiatan ini merupakan bagian terbesar dan memerlukan waktu terbanyak. Selain kajian dan identifikasi terhadap kebutuhan yang harus dipenuhi dan tujuan yang harus dicapai, kegiatan pembelajaran menyangkut pula penilaian, di samping pemilihan bahan ajar, metode, dan teknik pembelajaran.

Pernahkah Anda mengalami kesulitan ketika melakukan penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran? Bila Anda menyatakan “ya” sebenarnya pengalaman Anda tidak sendiri.  Banyak permasalahan-permasalahan dalam penilaian pembelajaran yang dihadapi guru, baik yang ada di SD sebagai guru kelas maupun di SMP sebagai guru mata pelajaran mengalami kesulitan yang sama.  Bagaimana upaya untuk mengatasi masalah yang Anda hadapi ini?

Salah satu tugas guru sebagai agen pembelajaran sebagaimana yang ditetapkan dalam PP 19/2005 adalah tugas melakukan penilaian pembelajaran selain tugas merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Penilaian pembelajaran merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran.

Terdapat bermacam-macam teknik dan alat penilaian dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Indonesia. Teknik dan alat penilaian yang diterapkan hendaknya disesuaikan dengan tujuan dan sasaran penilaian, situasi, dan kondisi lingkungan siswa, serta kompetensi dasar yang harus dikuasai  seperti yang telah tercantum dalam kurikulum. Hal-hal yang berkaitan dengan penilaian seperti tersebut hendaknya lebih dipahami lebih terperinci sehingga pemahaman terhadap penilaian dan pelaksanaannya akan lebih baik.

Selain itu, dalam kegiatan penilaian hendaknya disiapkan soal atau alat penilaian yang tepat. Alat penilaian yang dipersiapkan secara baik, hasilnya di antaranya dapat memberikan informasi yang setepat-tepatnya. Misalnya, dapat memprediksi atau menentukan tingkat kemampuan setiap siswa dalam memahami materi pembelajaran yang telah diberikan dan dapat  mencerminkan penguasaan kompentensi dasarnya. Selain  harus dipersiapkan secara baik, alat penilaian juga perlu dipersiapkan secara teratur. Alat penilaian yang dipersiapkan secara teratur menunjukkan bahwa pelaksanaan program belajar  dipersiapkan atau dipantau secara teratur. Oleh karena itu, agar hasil penilaian dapat memberikan informasi yang setepat-tepatnya, maka mutu soal atau alat penilaian harus dapat dipertanggungjawabkan dengan cara mempersiapkannya secara baik dan teratur.

B.       Tujuan

Modul ini membahas tentang penilaian, khususnya penilaian dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Setelah mempelajari modul ini, peserta diharapkan dapat memahami konsep dan proses penilaian dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yang secara khusus dapat dirinci dalam bentuk-bentuk perilaku berikut ini.

  1. Menjelaskan  standar penilaian pendidikan
  2. Mengembangkan instrumen penilaian pembelajaran bahasa Indonesia.
  3. Menganalisis dan menginterpretasi hasil penilaian

C.       Ruang Lingkup

Ruang lingkup pembahasan topik penilaian pembelajaran meliputi subtopik (1) Standar Penilaian Pendidikan dan (2) Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran.

Pada subtopik Standar Penilaian Pendidikan, Anda akan diajak untuk mengkaji, mendiskusikan, dan/atau memberi tanggapan terhadap penjelasan tentang pengertian standar penilaian pendidikan, rasional adanya standar penilaian, dan prinsip-prinsip penilaian pendidikan sesuai dengan Permendiknas Nomor 20 tahun 2007. Pada subtopik Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran, Anda akan diajak untuk mengkaji dan memilih serta menerapkan jenis instrumen penilaian pembelajaran yang cocok dengan target hasil belajar dan kompetensi dasar yang dipilih oleh guru. Sedangkan, pada subtopic analisis dan interprtasi hasil penilaian, Anda akan dilatih menganalisis intrumen penilaian baik secara kualitatif maupun kuantitatif..

Selengkapnya bisa anda download disini

Terima kasih telah mengunduh modul Ketrampilan Mendengarkan di Madrasah Tsanawiyah, semoga bermanfaat bagi kemajuan Bapak/Ibu Guru dan pendidikan di Indonesia.

” Tuliskan saran/kritik/komentar anda untuk perbaikan blog ini”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: