Guru Ideal dalam Pandangan Siswa

Guru ideal, menurut kalian seperti apa sih?
Dari beberapa pertanyaan yang telah saya ajukan kepada siswa-siswi tentang “Guru ideal”, ternyata kebanyakan dari mereka menjawab, “Guru ideal” adalah guru yang sabar, pengertian, dan pandai dalam menyampaikan pelajaran yang diajarkan, standar memang jawaban yang mereka lontarkan.
Tetapi saya punya pandangan sendiri tentang “Guru ideal”. Pada dasarnya, “Guru ideal” dengan “guru favorit” hanya beda tipis. Hanya saja faktor keberuntungan yang membedakan, maksudnya : “Guru ideal” adalah guru yang benar-benar memiliki kriteria yang diinginkan oleh setiap murid, tapi belum tentu diidolakan oleh banyak muridnya. Sedangkan “Guru favorit” adalah guru yang diidolakan oleh banyak muridnya, walaupun bukan karena memenuhi kriteria guru ideal. Misalnya, karena guru tersebut memiliki wajah yang rupawan sehingga banyak murid yang mengidolakan dan nge-fans kepada guru tersebut. wah kaya’ artis donk !
Namun begitu, saya cenderung lebih memilih “Guru ideal”, karena sosok guru ideal benar-benar mengerti apa yang murid-muridnya inginkan. Bagaimana dengan kalian ?

menurut catatan yang dipublikasikan oleh tuanguru.net, Seorang guru dikatakan ideal adalah guru yang senantiasa menjadi dambaan peserta didik, menjadi panutan dan selalu memberikan keteladanan. Guru ideal adalah yang menguasai ilmunya dengan baik sehingga mampu mengelola pembelajaran yang bermakna. Dia disukai oleh murid-muridnya karena cara mengajarnya menarik dan mudah dipahami. Dia pun terbuka menerima kritikan dari peserta didiknya, karena dari kritik itulah dia belajar dari para peserta didiknya. Dari mereka guru dapat mengetahui kekurangan cara mengajarnya, dan melakukan umpan balik.

Salah seorang guru MTs. Falakhiyah Jampet, Isna Mahirriyanto, S.Pd., melakukan penelitian dilapangan. Dengan mengambil 100 siswa sebagai responden, mencoba mengurai dan mengumpulkan pendapat siswa-siswi.

Para responden terdiri dari kelas VII, VIII dan IX diminta menuliskan ciri-ciri guru ideal. Data yang terkumpul kemudian dipilih, pernyataan yang sama atau memiliki kemiripan disatukan, dan keluarlah kriteria karakteristik guru ideal menurut pandangan siswa. Untuk menjaga keasliannya, kata-kata tersebut ditampilkan sesuai aslinya dan diurut berdasarkan frekuensi jawaban siswa. Dan inilah pendapat mereka tentang sosok guru ideal :

  1. Baik hati
  2. Tidak suka marah-marah
  3. Ramah
  4. Murah senyum
  5. Tidak membanding-bandingkan antar siswa
  6. Cara mengajarnya menyenangkan
  7. Tidak pilih kasih
  8. Dapat memberikan materi yang mudah diserap oleh muridnya
  9. Tegas
  10. Humoris/lucu
  11. Disiplin dalam mengajar, tapi tidak membuat siswa tegang
  12. Tidak terlambat masuk mengajar (tepat waktu)
  13. Santai dalam mengajar siswa
  14. Kata-katanya halus, tidak menyinggung
  15. Sabar menghadapi murid yang nakal
  16. Memerhatikan murid-muridnya
  17. Selalu memberikan tugas agar siswa rajin belajar di rumah
  18. Menerima curhat dari siswa
  19. Memberikan kompetensi dasar kepada siswa, agar siswa mengetahui dan mempelajari materi yang akan dipelajari di sekolah
  20. Tidak merokok saat mengajar
  21. Menuntun siswa yang kurang dalam pelajaran
  22. Pintar
  23. Selalu memberikan arahan sebelum dan sesudah mengajar
  24. Senang jika murid bertanya
  25. Pengertian
  26. Beriman
  27. Berwibawa
  28. Membuat siswa menjadi rukun
  29. Mengajar tanpa kata lelah

Data di atas menunjukkan bahwa siswa lebih mengedepankan aspek kepribadian dibanding kemampuan intelegensi (kepandaian). Kriteria guru ideal yang pintar hanya menempati urutan ke-22 (ditulis 2 siswa). Saatnya guru-guru meningkatkan kecerdasan emosionalnya agar dapat menjadi guru ideal bagi siswa, sehingga pada gilirannya tercipta suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Semoga tulisan ini bisa menjadi refleksi seorang guru dalam mengimplementasikan ilmunya kepada peserta didik di madrasah. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: