Kepala urusan Bidang Kesiswaan

Kepala Urusan Bidang Kesiswaan di Madrasah Tsanawiyah Falakhiyah memberikan bimbingan, layanan dukungan, dan berbagai program dan kegiatan yang dirancang untuk memaksimalkan belajar siswa. Karena kita tahu bahwa siswa terus-menerus belajar di dalam kelas, program kami melengkapi kegiatan akademik dan mempromosikan pengembangan potensi siswa.

Fokus Kaur. Kesiswaan adalah pada individu siswa dan pendidikan mereka. Kami berusaha untuk memberikan pengalaman kegiatan yang bersifat ekstrakurikuler dan pembelajaran yang bersifat transformatif dengan berkolaborasi dan bermitra dengan stakeholder di madrasah.

Kaur. Kesiswaan MTs. Falakhiyah yang didedikasikan untuk melayani siswa di madrasah, yang diharapkan mampu mengarahkan kepribadian siswa pada profesionalitas yang peduli dan berdedikasi serta membantu siswa dalam mengembangkan potensi  mereka secara penuh. Mulai dari keseharian dan pembelajaran yang akhirnya mampu untuk terjun ke masyarakat nantinya. program kami menyediakan beberapa opsi diantaranya kepemimpinanOSIS dan ekstrakurikuler, dll.

Blog ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada siswa, wali murid dan khalayak umum tentang semua kegiatan dan aktifitas yang berada di MTs. Falakhiyah Jampet di bawah bendera KESISWAAN.  Harapan kami adalah bagi Anda untuk mengenali Urusan Kesiswaan dan potensi yang dimiliki siswa dalam kegiatan pembelajaran dan bagaimana cara siswa  berekspresi.

Sistem pendidikan di Indonesia mengenal dua istilah yaitu Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler memfokuskan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas yang dilakukan dengan cara tatap muka dengan peserta didik (siswa), dengan berbagai macam metode yang bisa digunakan oleh guru yang bertujuan agar peserta didik mampu menerima dan memahami materi pelajaran yang disampaikan. Strateginya adalah bagaimana proses pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Edukatif, Menyenangkan dan Islami (PAIKEMI)

Sedangkan ekstrakurikuler berorientasi pada pendekatan Discovery Oriented atau Pendekatan yang berorientasi pengembangan potensi pada inovasi-inovasi yang di peroleh dilapangan yang bertujuan meningkatkan ketrampilan dan kecakapan hidup (life skill). Dengan kata lain Pendidikan Pembinaan Kesiswaan mengarahkan dan mengembangkan potensi untuk berwawasan masa depan (Looking forward), memiliki Keteraturan pribadi (self regulation), dan memiliki rasa kepedulian sosial yang baik (Holy social sense) para siswa.

Masa depan yang lebih baik tidak begitu saja datang dari langit tetapi di capai dengan usaha yang serius. Dalam memandang masa depan ada peerencanaan yang matang (planing) dan dapat dipehitungkan (calculabilty). Siswa dapat memandang masa depan apa yang diinginkan dan masa depan yang bagaimana yang akan dihadapinya.

Dengan adanya bimbingan dari Kaur Kesisiwaan diharapkan terbentuk manusia yang terbiasa dalam bekerja keras, ulet, mandiri dan berprestasi dalam berkompetisi saling berlomba untuk mencapai yang terbaik ( fastabiqul Khairat). Pada akhirnya diharapkan terbentuk sikap hidup  dalam berbuat atau bekerja,  prinsip dalam keyakinan hidup memberikan motivasi yang kuat pada para siswa untuk memiliki kebiasaan-kebiasaan hidup yang matang yang pada akhirnya dapat membuat siswa mandiri dan meningkatkan kualitas diri dan kualitas hidupnya.

Penanaman sifat dan sikap peduli terhadap orang-orang disekitarnya diharapkan mampu memperbaiki kualitas hidupnya. Mau membantu orang-orang yang membutuhkannya dan tidak menjadi manusia individualis. Dengan hal ini siswa diarahkan memahami dirinya serta memiliki empati sad n simpati. Memiliki kemampuan untuk merasakan apa yang dialami oleh orang lain dan menangkap sudut pandang orang lain tanpa kehilangan akal sehat.

       Agar pendidikan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki dengan baik diperlukan perhatian yang memadai dan proporsional. pada pendidikan yang bersifat ektrakulikuler merupakan solusi dan penyempurnaan penyampaian tujuan yang kurang atau tidak dapat dicapai oleh kegiatan intrakulikuler. Pemberian perhatian dan proposi yang seimbang diharapkan dapat mengembangkan potensi yang di miliki para siswa secara maksimal. (isna.doc)*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: