Sejarah Madrasah

   Madrasah Tsanawiyah Falakhiyah Jampet didirikan oleh para Ulama’ dan tokoh masyarakat Desa Jampet dan sekitarnya pada tahun 1986, kegiatan Belajar mengajar dimulai pada tanggal 15 Juli 1986. Pada tahun pelajaran pertama terdiri dari 3 (tiga) ruang kelas dengan 2 (dua) rombongan belajar dan 1 (satu) kantor guru. Pada tahun selanjutnya jumlah animo meningkat dan Pendaftaran Siswa Baru ( PSB ) meningkat. Maka pada tahun 1995 didirikan 3 (tiga) Ruang Kelas Baru ( RKB ) untuk menampung siswa siswi yang mendaftar, sehingga jumlah Ruang kelas menjadi 6 (enam) ruang dan tiap kelas ada 2 (dua) rombongan belajar.Pada tahun selanjutnya yakni tahun 2003 didirikan lagi Ruang kelas baru yang berjumlah 2 (dua) kelas. Sehingga 2 (dua) ruang kelas yang lama atau yang dibangun pada tahun sebelumnya dimanfaatkan untuk fasilitas madrasah yang lainnya.Pada tahun pelajaran pertama (1986/1987) MTs. Falakhiyah Jampet mendapat siswa sebanyak 71 (tujuh puluh satu) siswa yang terbagi menjadi 2 (dua) rombongan belajar. Dan jumlah Dewan guru sebanyak 15 (lima belas) orang. Saat ini (tahun pelajaran 2011/2012) jumlah seluruh siswa mencapai 233 siswa dan tenaga pengajar sebanyak 25 orang termasuk tenaga administrasi dan penjaga.

        Seiring berjalannya waktu, Alhamdulillah pada tahun 2008 tepatnya di Hotel Juanda Surabaya dimulai Training and Workshop pembuatan Madrasah Development Plan (MDP) untuk pengajuan mendapatkan bantuan Block Grant melalui Direktorat Pendidikan Madrasah, Direktorat Pendidikan Agama Islam Departemen Agama (Kementerian Agama) dengan program Madrasah Education Development Project (MEDP) bekerjasama dengan Asian Development Bank (ADB).         

           Pada tanggal 29 Juni 2009 dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) surat perjanjian untuk pencairan dana Block Grant tersebut. Penggunaan dana tersebut diperuntukkan untuk Kegiatan peningkatan mutu madrasah, Pembangunan/Rehabilitasi Gedung dan Laboratorium, Pengadaan Furniture, Pengadaan Alat peraga/media pembelajaran, Ketenagaan, Peserta didik yang meliputi Remedial dan Beasiswa Transisi.

         Pemberian bantuan dari Program MEDP ini direncanakan berjalan mulai tahun 2007 – 2012 yang terbagi dalam 5 tahap.

1. Tahap persiapan tahun 2007-2008

2. Pemberian bantuan tahap I tahun 2009

3. Pemberian bantuan tahap II tahun 2010

4. Pemberian bantuan tahap III tahun 2011

5. Tahap Monitoring dan Evaluasi (monev) tahun 2012

          Dana dicairkan sesuai dengan pengajuan yang ada di MDP/Master Plant yang telah direview dan disetujui oleh pihak Departemen Agama dan ADB.Dengan adanya kucuran dana tersebut MTs. Falakhiyah saat ini sudah memiliki fasilitas belajar mengajar yang representatif diantaranya :

  1. Ruang Kelas Baru
  2. Laboratorium IPA ( FisikaKimia dan Biologi )
  3. Laboratorium Komputer dan Multimedia
  4. Perpustakaan
  5. Klinik Madrasah
  6. WC / kamar mandi
  7. Media pembelajaran audio visual
  8. Dll

Semua fasilitas tersebut didanai oleh Kementerian Agama yang bekerja sama dengan Asian Development Bank (ADB) melalui program bantuan Block Grant Madrasah Education Development Project (BG-MEDP). *abu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s